29/07/11

Saksi Bisu Sejarah Islam Di Bima

#saveBima.online. Mesjid yang berdiri kokoh tersembunyi di dalam pemukiman warga di Melayu Kel. Melayu – Asakota itu merupakan saksi Bisu sejarah masuknya Islam di Tanah Bima
langgar kuno saksi Sejarah Islam di Bima
,  Dan Mesjid itu juga adalah Mesjid yang pertama di bangun di Bima. Mesjid itu dikenal orang dengan sebutan Langgar Kuno yang dibangun pada tahun 1608 Masehi, didirikan oleh Syekh Datuk Di Banta dan Syekh Datuk Di Tiro, kedua Ulama ini berasal dari tanah Sumatra yang menyebarkan Agama Islam di wilayah Nusantara Timur. Kedua Ulama tersebut datang ke Bima melalui pelayaran laut bersama Sultan Bima yang pertama Sultan Abdul Kahir.
Sultan Abdul Kahir bertemu dengan Syekh Datuk Di Banta dan Datuk Di Tiro di kesultanan Goa, pada saat Sultan Abdul Kahir di Asingkan dari Tanah Bima, dan memeluk Agama Islam di Tanah Goa. Setibanya di Bima, dan mengambil alih lagi kerajaannya dan merubah menjadi kesultanan. Kemudian Syekh Di Banta Dan Syek Di Tiro kemudian tinggal dimana Melayu daerah Pesisir Kesultanan Bima, dan mereka berdua membangun Langgar Kuno atau Mesjid Pertama di Bima. Mesjid itu merupakan Saksi Bisu sejarah perkembangan Islam di Tanah Mbojo tersebut. Bentuk dan arsitektur Mesjid tersebut sangat kental dengan Arsitektur Bugis dan Sumatra. Bahan – bahannya dari kayu beratapkan genteng – genteng cdan masih terawat dan terjaga dengan baik. Hingga saat ini Mesjid tersebut di gunakan warga setempat sebagai Taman Pembacaan Al-Qur`an Anak – anak (TPA).

sumber (http://networkedblogs.com/jCOtK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar